Trik Membuat Statue dari Gypsum Anti Gagal

Gypsum merupakan mineral yang terbentuk dari alam, namun adapula gypsum yang dibuat oleh industri yaitu berupa gypsum sintetis. Di dunia ini gypsum dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti bahan pembuatan semen, cetakan untuk gigi, grc, plafon dan bahkan bisa dipakai untuk campuran bahan pembuatan pasta gigi. Selain itu, gypsum ternyata juga bisa dipakai untuk bahan pembuatan statue (patung). Statue sendiri merupakan patung figur atau model yang dibuat dengan cara dipahat atau dicetak. Cara pembuatan statue dari gypsum bisa disimak dibawah ini.

Membuat Statue dengan Cetakan

Dalam pembuatan statue berbahan gypsum dengan cara dicetak kedengarannya terlihat lebih mudah. Namun, bila tidak memahami teknik pembuatannya dengan benar maka statue tidak akan berhasil dibuat. Berikut tips membuat statue dengan cara cetak.

  • Cetakan Berbahan Silicon Rubber – Bahan ini sangat bagus digunakan sebagai bahan statue gypsum. Langkah pertama yang harus dikerjakan adalah menyiapkan silicon rubber dan hardener (pengeras) untuk membuat cetakannya, lalu bagi cetakan sesuai dengan tingkat kerumitan statue. Setelah itu lapisi cetakan dengan mentega atau sabun, supaya nanti statue dapat dilepas dengan mudah dari cetakan dan menghasilkan statue yang halus.
  • Cetakan Berbahan Gypsum – Ternyata statue gypsum juga bisa dibuat menggunakan cetakan berbahan gypsum juga. Pertama harus membuat cetakannya terlebih dahulu, caranya lapisi statue yang akan diduplikat dengan vasseline kemudian tempelkan bahan gypsumnya. Setelah kering lepas perlahan hasil cetakan, setelah itu lapisi cetakan menggunakan sabun supaya hasil statue halus sempurna.
  • Cetakan Berbahan Resin – Terlebih dahulu siapkan resin dan hardener (pengeras) untuk membuat cetakannya, lalu bagi cetakan sesuai dengan tingkat kerumitan statue. Setelah itu, lapisi cetakan dengan mentega atau sabun, supaya nanti statue dapat dilepas dengan mudah dari cetakan dan menghasilkan statue yang halus.

Membuat Statue dengan Cara Dipahat

Selain menggunakan cetakan, pembuatan statue berbahan gypsum bisa juga menggunakan teknik pahat. Caranya seperti di bawah ini.

  • Pertama siapkan bubuk gypsum, bisa dibeli di toko bahan bangunan, lalu siapkan cetakan polos seperti bentuk kotak, bundar atau persegi panjang.
  • Setelah itu cairkan bubuk gypsum sesuai dengan kekentalan yang dibutuhkan, kemudian tuangkan ke dalam cetakan.
  • Tunggu sampai cairan dalam cetakan mengeras, setelah itu lepas gypsum dari cetakam secara perlahan.
  • Apabila gypsum sudah terlepas, bisa dimulai membuat statue dengan menggunakan alat ukir atau pisau pahat. Bentuklah gypsum sesuai dengan statue yang diinginkan.

Pembuatan statue berbahan gypsum memang sudah semakin banyak digeluti oleh masyarakat pecinta seni. Gypsum memiliki sifat lebih lunak dari batu, sehingga lebih mudah untuk dibentuk. Cara perawatan statue gypsum pun terbilang cukup mudah dibandingkan patung dari kayu, sehingga membuat statue gypsum semakin diminati.

Apabila Anda tertarik membuat statue berbahan gypsum, bisa mengikuti langkah – langkah yang sudah dijelaskan diatas tadi. Selain digunakan sebagai bahan statue, ternyata gypsum juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan partisi yang berfungsi sebagai penyekat antar ruang. Namun apabila menginginkan bahan lain untuk pembuatan partisi, maka bisa memakai GRC sebagai alternatifnya. GRC dianggap memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan gypsum. Misalnya seperti lebih tahan terhadap air dan tahan api sehingga lebih awet. Walaupun harganya lebih mahal daripada bahan gypsum. Partisi GRC juga sudah mulai banyak diminati oleh masyarakat sebagai pengganti dinding bata, karena dianggap lebih praktis dan berfungsi sebagai peredam kebisingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *