Anti Berantakan! Ini Tips Membuat Arena Bermain di Kamar Anak

Memiliki anak yang sudah beranjak besar dan tak lagi balita, Anda sebagai orang tua tentu perlu membuatkan sebuah kamar untuknya. Hal ini dilakukan untuk memberi kenyamanan pada Anda sekaligus anak Anda. Selain itu, membuatkan kamar untuk si kecil adalah langkah membuatnya menjadi lebih mandiri.

Namun permasalahan yang muncul biasanya adalah si kecil tak nyaman dengan kamarnya sendiri. Sebagai orang tua Anda harus memiliki trik agar membuatnya nyaman berada di kamar. Salah satunya adalah menghias kamar agar semenarik mungkin seperti menghiasi dinding kamarnya dengan wallpaper kamar anak.

Harga wallpaper anak sendiri terbilang murah dan bisa Anda temukan di pasaran. Selain menggunakan wallpaper, membuat arena bermain di kamar juga penting lho. Tapi bagaimana ya memasukan mainan ke dalam kamar namun tetap nyaman untuk tidur? Untuk Anda yang ingin tahu, berikut ini kami beri tips di bawah ini.

Tips Menepatkan Arena Bermain di Kamar Anak Agar Tak Berantakan

  • Pilih Tema Kamar

Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah memilih tema kamar anak. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda memilih barang-barang seperti apa saja yang akan dimasukan ke dalam kamar. Tema dipilih bisa dengan mudah seperti memasang wallpaper kamar anak yang bertema sesuai dengan keinginan atau kesukaan anak Anda.

Kamar Anak

 

  • Buat Arena Bermain di Pojok Kamar

Jika kamar anak Anda kecil dan tak memiliki ruang banyak, Anda bisa mensiasati dengan membuat arena bermain di pojok ruangan. Masukan juga lemari mainan si kecil agar tetap rapih. Jangan lupa untuk menandai arena bermain ini dengan karpet atau pemisah ruang agar si kecil tak membawa mainannya keluar arena bermain agar kamar tak berantakan.

Baca juga: Hal yang Diperhatikan Ketika akan Membeli Gordyn Rumah

  • Jangan Masukan Semua Mainan ke Dalam Kamar

Perlu diingat, meski pun kamar anak Anda telah dipasangi wallpaper kamar anak dan terdapat arena bermain, bukan berarti semua mainan bisa masuk ke dalam kamar. Cobalah ajak anak Anda berdiskusi mainan mana saja yang menjadi favoritnya lalu pisahkan dengan mainan yang jarang digunakan di luar kamar. Batasi jumlahnya dan juga ukuran mainan itu sendiri agar tak memenuhi seluruh kamar anak Anda.

  • Buat Peraturan Bermain di Kamar untuk Si Kecil

Meski kamar yang Anda buat untuk buah hati adalah kamar miliknya, namun bukan berarti Anda tak berhak memberikan peraturan di dalam kamar. Buatlah peraturan untuk si kecil, misalnya tak bermain di luar arena bermain. Atau tak membawa mainan ke atas kasur, bisa juga membuat aturan jam tidur dan jam bermain agar anak Anda tak kebablasan bermain saat waktunya tidur.

  • Ajak Si Kecil untuk Membersihkan Sendiri Mainannya

Selain membuat peraturan, jangan lupa untuk mengajarkan anak Anda membersihkan sendiri mainan seusai bermain. Ajak juga ia untuk membereskan tempat tidur. Dengan mengajak membersihkan kamar, Anda bisa menyelipkan nilai-nilai tanggung jawab dan kemandirian kepada buah hati Anda agar kelak ia menjadi orang yang bisa bertanggung jawab termasuk dengan kamar tidurnya dan arena bermainnya sendiri.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menempatkan arena bermain di kamar anak. Untuk Anda yang penasaran dengan harga wallpaper anak, harga di pasaran dijual mulai dari Rp30 ribu hingga Rp100 ribuan saja tergantung ukuran dan jenis wallpaper yang Anda pilih. Yuk coba tips ini ke si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *