Mengenal Perbedaan Fasilitas Penunjang Kamar Hotel Bintang 1 Sampai Bintang 5

Saat mencari penginapan, biasanya ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Seperti tarif kamar per malam, lokasi, jarak menuju tempat wisata dan juga fasilitas yang disediakan pada hotel tersebut. Tentunya ada traveler yang lebih mengutamakan budget rendah, ada juga yang lebih mengutamakan lokasi, atau bahkan fasilitas penunjang kamar. Atau mungkin dengan semakin bergantungnya seseorang dengan teknologi, kondisi instalasi listrik yang terpasang baik oleh kontraktor ME (Mekanikal Elektrikal) di hotel menjadi pertimbangan utama.

Untuk mengetahui jenis fasilitas dan kelas sebuah hotel, kamu pasti pernah mendengar istilah “Bintang” yang bisa juga diartikan sebagai kelas atau level. Hanya saja, tidak seperti peringkat pada ranking kelas atau juara kompetisi, bintang satu menunjukkan kelas hotel dengan fasilitas paling rendah. Sementara bintang lima merupakan hotel dengan kelas fasilitas yang paling tinggi.

Untuk menentukan bintang sebuah hotel, maka ada beberapa hal yang menentukan. Mulai dari jumlah kamar hingga fasilitas yang disediakan. Nah berikut ini adalah perbedaan fasilitas penunjang kamar hotel bintang satu hingga bintang lima.

Hotel Bintang Satu

Hotel bintang satu biasanya memiliki tarif yang sangat ekonomis. Buat kamu yang hanya mencari hotel untuk sekedar melewati malam dengan tidur, hotel bintang satu bisa jadi pilihan. Hotel bintang satu biasanya tidak memiliki manajemen yang besar, bahkan dikelola langsung oleh pemiliknya. Jumlah kamar minimal adalah 15 kamar. Dan setiap kamar memiliki kamar mandi sendiri.

Fasilitas bintang kamar tidak menjadi perhatian. Hanya fasilitas standar seperti peralatan mandi, tempat tidur dan lemari. Yang membedakan hotel bintang 1 dengan hotel melati kelas 3 adalah adanya restoran sendiri di kawasan hotel bintang 1

Hotel Bintang Dua

Hotel Bintang Dua ditandai dengan jumlah kamar minimal ada 20 kamar dan setidaknya satu kamar suite. Kontraktor ME pada hotel bintang dua juga harus bisa menyediakan instalasi listrik untuk AC, TV dan telepon yang harus tersedia sebagai fasilitas penunjang kamar hotel bintang dua. Selain memiliki restoran sendiri, hotel bintang dua diharuskan memiliki lobby penerima tamu.

Hotel Bintang Tiga

Hotel Bintang Tiga memiliki semua fasilitas pada hotel bintang dua, dengan fasilitas tambahan yang sesuai untuk liburan keluarga, seperti kolam renang. Pada hotel bintang tiga juga terdapat fasilitas olah raga. Dengan jumlah kamar minimal 30 kamar serta 2 kamar suite, fasilitas penunjang kamar juga lebih baik. Dengan televisi satelit lebih besar, layanan kamar, tidak jarang juga didukung oleh fasilitas bath tub di kamar mandi. Yang pasti, untuk masuk hotel bintang tiga, pihak hotel juga diharuskan menyediakan layanan sarapan pagi bagi pengunjung hotel.

Hotel Bintang Empat

Hotel Bintang empat memiliki setidaknya 50 kamar standar dan 3 kamar suite. Pada hotel bintang empat, semua fasilitas yang disediakan lebih baik dari hotel bintang 3. Kolam renang yang lebih luas, gym, sauna, restoran yang sesuai untuk kalangan menengah atas. Hotel bintang empat juga biasanya berada di lokasi strategis dengan pemandangan yang indah.

Hotel Bintang Lima

Manajemen hotel bintang lima harus memastikan semua kebutuhan pengunjungnya terpenuhi. Selain memiliki jumlah kamar minimal 100 kamar standar dan 4 kamar suite, hotel bintang lima juga memiliki restoran kelas atas, layanan kamar 24 jam, jasa antar jemput, laundry, pusat bisnis dan juga furnitur-furnitur yang mewah. Kebutuhan sehari-hari seperti hair dryer hingga bath up air hangat.

Kelas tertinggi dari hotel ini, mengharuskan hotel bintang lima menyuguhkan pelayanan dan fasilitas terbaik. Termasuk kondisi mekanikal elektrikal yang telah dipasang jasa instalasi listrik dengan baik. Jangan sampai hal-hal teknis seperti AC mati, atau lampu kelap-kelip bahkan colokan yang rusak hingga tak bisa mencharger HP sampai terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *