Yuk Kenalan dengan GRC, Material dengan Banyak Kegunaan!

Pernah mendengar kata GRC? Jika belum tahu dengan material ini, yuk kenalan terlebih dahulu. GRC atau Glassfibre Reinforced Concrete adalah material komposit/campuran dari berbagai material, seperti, semen, pasir halus, kaca, polimer aklirik, air, agregat, serta kaca. Material GRC biasa digunakan sebagai partisi dalam suatu ruangan dan memiliki banyak keunggulan.

Partisi GRC selain berfungsi sebagai pembatas ruangan juga dapat menjadi aksen dekoratif, misalnya sebagai backdrop untuk menghilangkan kesan kosong dan memberi nilai estetik pada interior ruangan. Instalasinya pun terbilang mudah sehingga tidak memerlukan teknisi khusus yang dapat mengeluarkan budget lebih.

Keunggulan lainnya adalah partisi GRC tidak memerlukan perawatan khusus serta terbukti tahan lama. Pasalnya, partisi ini tahan terhadap segala macam cuaca, kelembapan, dan anti karat. Maka, bukan tidak mungkin mengaplikasikannya pada elemen eksterior suatu bangunan agar tampil elegan dan modern.

7 Pengaplikasian Material GRC Pada Bangunan serta Kegunaannya

1. Pagar

Material GRC dengan Banyak Kegunaan!

Pagar menjadi bagian konstruksi penting yang membatasi antara area luar dan dalam suatu bangunan. Selain itu juga berfungsi sebagai penjaga keamanan properti dan privasi penghuni rumah dari segala ancaman yang tidak diinginkan sehingga material yang digunakan harus kuat dan kokoh seperti GRC. Selain terbukti dalam hal kekuatan, material ini juga memiliki banyak desain dan motif menarik sehingga dapat disesuaikan dengan eksterior rumah.

2. Lantai

Material GRC dengan Banyak Kegunaan!

Jika biasanya lantai pada rumah tingkat dibuat dengan coran yang memerlukan waktu yang relatif lama. Lantai dengan material GRC tidak memerlukan hal tersebut dalam proses pembuatannya. Cukup siapkan rangka besi yang sudah didesain sedemikian rupa kemudian pasang GRC yang berbentuk lembaran papan pada rangka tersebut. Sangat praktis bukan? sama sekali tidak memerlukan pengecoran, permukaan halus serta tidak menimbulkan debu atau kotoran.

3. Plafon

Material GRC dengan Banyak Kegunaan!

Secara visual menggunakan material GRC sebagai plafon terlihat seperti gypsum. Namun, sejatinya tentu berbeda, plafon GRC lebih tahan terhadap kelembapan sehingga dapat diaplikasikan pada area kamar mandi sekalipun. Selain itu, mudah dibentuk dengan berbagai macam desain yang diinginkan serta kedap suara, sehingga memberikan kenyamanan privasi tersendiri.

4. Lisplang

Material GRC dengan Banyak Kegunaan!

Lisplang yang merupakan bagian dari atap rumah berfungsi untuk menjaga ketahanan atap dari hujan dan panas matahari. Melihat fungsi tersebut, menggunakan GRC sebagai lisplang sangat cocok menjadi pilihan karena terkenal tahan terhadap air dan api. Harga yang ditawarkan pun cukup ekonomis sehingga dapat mengurangi anggaran.

5. Kubikal Toilet

Material GRC dengan Banyak Kegunaan!

Kubikal Toilet yang dapat dijumpai pada gedung gedung publik, semisal, mall, gedung olah raga, kampus dan lainnya. Salah satu partisi yang umum digunakan adalah GRC karena dinilai awet, kokoh serta pemasangannya yang mudah dan cepat.

6. Cladding Eksterior

Material GRC dengan Banyak Kegunaan!

Cladding yang terdapat pada lapisan luar struktur utama konstruksi terutama dinding, dapat menggunakan material GRC. Berfungsi sebagai penahan paparan panas, hujan, dan angin yang masuk ke dalam bangunan. Cladding GRC biasanya memiliki ketebalan antara 8 mm – 12 mm, tergantung pemintaan konsumen. Menerapkan GRC sebagai cladding dapat memberikan kesan modern dan kokoh pada elemen eksterior.

7. Kubah Masjid

Material GRC dengan Banyak Kegunaan!

Salah satu unsur icon arsitektur bangunan masjid adalah kubah yang berfungsi juga sebagai atap. Memilih GRC sebagai material utama kubah dapat menjadi pilihan sebab kualitas yang ditawarkan tidak akan mengecewakan dan memiliki beragam bentuk desain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *