Macam-macam Material Anti Rayap

Sejak zaman dahulu hingga sekarang banyak orang yang memilih kayu sebagai material untuk bangunan, mulai dari jendela, pintu, atap dan bagian rumah lainnya. Selain bisa didesain dengan berbagai macam bentuk, kayu juga memberikan nilai estetika yang cukup tinggi, juga bisa didapat dengan mudahnya. Namun, material kayu ternyata memiliki satu minus yang sangat mempengaruhi kualitas bangunan, yaitu mudah terkena rayap. Oleh sebab itu di zaman modern ini banyak orang yang beralih ke material anti rayap, salahsatunya UPVC. Pintu UPVC memiliki banyak sekali manfaat dan yang pasti tidak akan terkena rayap.

Selain UPVC material anti rayap lainnya yang bisa kamu pilih antara lain pintu aluminium, fiberglass, kaca tempered, WPC atau wood plastic composite, vinyl dan lain sebagainya. Bahan-bahan material tersebuy memiliki banyak sekali kelebihan serta bisa dijadikan pilihan utama untuk kamu yang khawatir dengan material berbahan kayu.

3 Material Anti Rayap Kualitas Tinggi

Material berikut ini bisa kamu jadikan pilihan utama untuk mendukung rumah impian, tenang saja material ini tidak akan keropos dimakan rayap. Mari disimak berbagai informasi menariknya di bawah ini.

1. UPVC

Material Anti Rayap

UPVC adalah singkatan dari Unplasticized Poly Vinyl Chloride, terbuat dari campuran PVC, stabilisator, filler, pigmen warna, modifier dan titanium. Material ini sudah ada sejak zaman dahulu tepatnya di Jerman, sekarang ini UPVC semakin populer digunakan sebagai material di sekitar kita. Banyak rumah minimalis yang memilih pintu UPVC untuk mendukung keindahan rumah. Adapun kelebihan UPVC sangat banyak, di antaranya ramah terhadap lingkungan karena kita tidak perlu menebang pohon, material ini juga aman untuk kesehatan kita karena tidak ada zat beracun yang akan keluar dari material ini. Ternyata UPVC kedap terhadap suara dan tidak akan keropos, material ini sama sekali tidak akan tersentuh oleh rayap.

2. Aluminium

Material Anti Rayap

Material kedua yang bisa kamu pilih untuk mendukung rumah impian ialah aluminium. Jenis material ini tidak akan pernah dimakan oleh rayap, maka dipastikan lebih kuat dan awet bertahan dalam jangka waktu yang lama. Aluminium juga memiliki kinerja yang cukup tinggi, hal ini bisa dilihat dari kekuatan dan kehandalannya yang cukup tinggi, apalagi memiliki bobot yang ringan. Pintu aluminium juga memiliki nilai estetika yang tinggi, bentuk dan warna pintu tidak hanya satu macam saja, kamu bisa memilih beragam desan dan warna yang dijual di pasaran.

3. Kaca tempered

Material Anti Rayap

Selain digunakan untuk dinding ternyata kaca tempered juga digunakan untuk pintu, jendela dan kanopi. Kaca jenis ini banyak digunakan pada rumah minimalis modern, karena memiliki banyak sekali kelebihan yang akan kamu dapatkan. Alasan banyak orang yang memilih kaca tempered untuk mendukung rumah impian ialah karena aman, kaca ini sangat kuat tidak akan mudah pecah karena memiliki kekuatan 5 kali lipat dibanding kaca biasa. Kaca tempered juga tidak akan mudah rusak apalagi keropos, anti terhadap rayap dan jenis hewan lainnya yang bisa mengganggu kualitas kaca. Selain itu terdapat berbagai macam desain.

Tiga daftar material di atas bisa kamu pilih sesuaikan dengan selera dan kebutuhan, masing-masing memiliki kualitas tinggi tidak akan pernah terkena keropos dan dimakan rayap. Untuk perawatan juga cukup mudah, tidak membutuhkan perawatan yang ribet dan merepotkan. Selain itu harga pintu UPVC dan material lainnya tidak terlalu mahal masih bisa dijangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *