Langkah-langkah Pengaplikasian Epoxy Lantai yang Tepat

Untuk melapisi lantai beton di area ‘heavy duty’ misal lantai garasi, lantai dapur, area parkir, lantai pabrik, gudang, hanggar pesawat atau tempat lain yang sering mendapat lalu lintas berat, ada cara yang sering dipilih para kontraktor yakni dengan menggunakan cat epoxy. Epoxy lantai sendiri dilakukan karena memiliki keunggulan pada sifat lapisan yang kuat, tahan pada thinner dan bahan kimia serta daya tahannya sangat bagus terhadap abrasi atau gesekan.

Selain itu, epoxy lantai juga memiliki manfaat lain seperti tahan lalu lintas roda baja,  tidak perlu mengganti lantai beton yang sudah ada, mudah diaplikasikan, anti slip, anti debu, mengkilap, tahan terhadap panas, memantulkan cahaya dan perawatannya mudah.

Sebenarnya selain untuk lantai, cat epoxy juga bisa diaplikasikan pada dinding, lantai kamar mandi, keramik, logam, dan sebagainya. Namun yang paling umum memang digunakan sebagai pelapis lantai beton. Cat epoxy tersedia dalam berbagai macam warna menarik yang bisa disesuaikan dengan selera. Bahkan tersedia juga pemesanan warna khusus cat epoxy bagi yang memang perlu cat berwarna spesial.

Butuh Keahlian Khusus

Untuk mengaplikasikan cat epoxy ke lantai dibutuhkan keahlian khusus karena ada beberapa tahap yang harus dilakukan termasuk salah satu yang paling penting adalah pencampuran bahan yang harus tepat karena ini sangat menentukan hasil akhir. Bahkan para kontraktor pun biasanya menggunakan jasa epoxy lantai profesional saat akan melakukan pengecatan epoxy karena memang dibutuhkan keahlian khusus untuk mengaplikasikannya dengan benar.

 

jasa epoxy lantai

Demikian juga dengan Anda yang ingin mencoba mengecat bagian rumah dengan cat epoxy, jika ingin mendapat hasil sempurna, Anda bisa menggunakan jasa epoxy lantai atau paling tidak berkonsultasilah dengan mereka yang ahli mengaplikasikan cat epoxy agar hasilnya nanti tidak mengecewakan.

Langkah Pengaplikasian

Meskipun tidak menjamin hasilnya akan sesempurna ahli aplikasi epoxy, namun jika Anda memang ingin belajar mengaplikasikan cat epoxy lantai sendiri, ada beberapa langkah yang sebaiknya Anda ikuti.

1. Persiapkan permukaan dengan pengamplasan dan grinding, serta membersihkan permukaan yang terkontaminasi minyak atau noda lain dengan bantuan bahan kimia. Langkah ini dilakukan untuk memastikan adhesi antara cat epoxy lantai dan substrat. Untuk membersihkan debu, gunakan vakum industri sehingga semua debu dan residu bisa terangkat. Semakin sedikit debu mikro melekat di permukaan, maka akan semakin sedikit Anda membutuhkan cat primer.

2. Melapisi lantai dengan cat primer penting dilakukan karena ini akan mempengaruhi daya tahan dan umur lantai, serta memiliki adhesi yang lebih baik ke substrat. Cat primer akan menghilangkan resiko gelembung dan gas dan membantu mengurangi jumlah cat yang dibutuhkan nanti. Pastikan tidak ada retakan atau lubang dan jika ada maka Anda harus tutup terlebih dahulu dengan epoxy mortar atau epoxy grout.

3. Saat mengaplikasikan lapisan pertama cat epoxy, lakukan pencampuran 2 komponen epoxy yaitu resin dan hardener. Sebaiknya gunakan mixer listrik dan aduk rata 2 menit. Tahap ini sangat menentukan hasil warna akhir nantinya. Anda bisa menggunakan roller berkualitas baik untuk mengecat dan lakukan pengulangan lapisan setelah 24 jam. Jika menemukan retakan atau lubang, lakukan penambalan terlebih dahulu sebelum melapisi cat serta lakukan pengamplasan jika ada permukaan yang tak rata muncul. Tunggu hingga benar-benar kering dan barulah beri lapisan cat kedua.

4. Setelah cat kedua, Anda harus mengecek lagi agar tak ada retakan, lubang dan debu. Barulah Anda bisa memberikan lapisan terakhir. Karena sebagian besar cat epoxy memiliki masa pakai atau pot life sekitar 40 menit bahkan kurang, sebaiknya Anda mencampur sekaligus satu ember dalam sekali pengaplikasian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *