Lakukan Ini Untuk Membuat Pintu Lipat Aluminium Tetap Awet

Banyak sekali bahan pintu yang digunakan dengan berbagai model, di mana pintu yang bisa dilipat merupakan salah satunya. Pintu ini sendiri biasanya menggunakan bahan alumunium yang terkenal akan daya tahannya dan juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Pintu lipat ini sendiri biasanya digunakan sebagai penutup pada gudang, toko ataupun garasi, di mana memang pintu ini terkenal karena tidak mudah untuk dirusak. Sama seperti bahan pintu lainnya, pintu ini juga membutuhkan perawatan untuk membuatnya tetap dalam keadaan baik dan dapat dilipat dengan lancar. Di mana tentu saja Anda yang ingin menggunakan pintu ini harus tahu bagaimana cara merawatnya dengan baik dan benar.

Tips Perawatan Pintu Lipat Agar Tetap Berfungsi Dengan Baik

Merawat pintu yang dapat dilipat dengan bahan alumunium ini sendiri tidaklah sulit, di mana Anda hanya perlu mengetahui caranya yang benar. Berikut ini adalah cara merawat pintu ini :

Bersihkan engsel pintu.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah bagian engsel, di mana bagian engsel dari pintu lipat alumunium ini sendiri harus bersih dari kotoran. Engsel yang kotor dapat membuat pintu menjadi susah untuk dibuka ataupun ditutup. Anda dapat membersihkan engsel ini beberapa kali dalam sebulan agar kotoran tidak menumpuk.

Pastikan pintu dapat ditutup dengan rapat.

Selanjutnya, agar pintu dapat berfungsi dengan benar Anda harus dapat memperhatikan pintu dapat tertutup dengan rapat. Pada pintu ini terdapat bagian yang disebut dengan bentolan, di mana ketika pintu tertutup bagian ini harus tepat masuk ke dalam lubang bentolan. Jika bentolan tidak dapat terkait dengan benar, Anda harus memastikan kondisi bentolan dan lubangnya apakah masih berfungsi dengan baik.

Pastikan swing lurus.

Pintu lipat ini sendiri mempunyai rell atas dan bawah, di mana jika ketika menutup dan membuka pintu swing harus dapat lurus diantara keduanya. Kebanyakan pengguna pintu ini sering kali tidak memperhatikan posisi kedua swing, di mana membuat pintu ini sendiri akan susah untuk ditutup atau malah dapat membuat roda pintu menjadi macet dan sama sekali tidak dapat ditutup.

Bersihkan bagian rell.

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, bahwa ada rell bagian atas dan bawah yang tentu saja menjadi bagian penting dari pintu yang dapat dilipat ini. Sebaiknya Anda selalu membersihkan rell dari keduanya, di mana terkadang ada kotoran yang dapat menghambat pintu menjadi susah untuk dibuka dan ditutup. Anda dapat membersihkan bagian rell ini beberapa kali dalam sebulan agar membuat pintu berfungsi dengan baik.

Jangan dipaksa jika pintu terasa berat ketika ditutup.

Ketika Anda ingin menutup pintu lipat aluminium dan terasa sangat berat, lebih baik jangan dipaksa. Anda dapat melihat bagian rell apakah ada yang mengganjal pintu atau tidak. Hal ini sendiri sangatlah pentin, karena jika Anda paksa bisa saja merusak cincin daun ataupun pintu itu sendiri. Periksa baik-baik apakah ada sebuah batu ataupun benda lain yang menutupi jalannya rell ataupun pada bagian pintu lainnya.

Pelumasan.

Berikan pelumas pada bagian engsel pintu, cincin daun atau setiap lubang dan juga rell swing. Pelumasan ini dapat menggunakan oli atau cairan khusus yang berfungsi untuk membuat bagian-bagian tersebut tetap licin sehingga mudah untuk ditutup dan dibuka.

Itu adalah beberapa cara merawat pintu lipat alumunium ini, di mana tentu saja perawatan yang dilakukan harus secara rutin agar dapat membuat pintu tetap berfungsi dengan baik dan tidak mencegah kerusakan pada bagian-bagian pentingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *