Wajib Tahu! Kelebihan dan Kekurangan Lantai Parket

Menghiasi tampilan rumah dengan menggunakan lantai parket sering dijadikan sebagai pilihan yang bijak sekaligus ekonomis. Dikatakan bijak karena jenis lantai kayu dapat membuat dekorasi rumah terlihat mewah dan antik. Selain itu, jenis lantai kayu pun tergolong murah dan mudah dalam perawatannya.

Walaupun memiliki material dari alam, bukan berarti tampilannya akan itu itu saja. Saat ini, lantai kayu tersedia dalam berbagai variasi bentuk, potongan, ukuran, dan bahkan motif untuk jenis vinyl.

Kelebihan dan Kekurantan Lantai Parket

Langsung saja, berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh lantai kayu, alias parket.

Kelebihan

1. Adanya Variasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, lantai kayu memiliki beberapa variasi yang bisa Anda pilih. Sebut saja simetris, zig-zag, dan lainnya. Kesemua variasi tersebut sebenarnya hanya dibedakan pada penataannya saja. Karena memang bentuk potongan dari pabrik yang sudah terbentuk dalam segi empat.

Selain pemasangannya, Anda juga dapat membuat variasi dalam urusan pengecatan dan finishing lantai kayu tersebut.

2. Mudah Dibersihkan

Cara perawatan lantai jenis ini tidaklah sulit untuk dilakukan sendiri di rumah. Anda hanya perlu mengepel dan menyapunya secara rutin demi menjaga kebersihannya. Jikapun dibutuhkan, Anda dapat menggunakan cairan pengkilap agar tampilan mewah dari lantai kayu bisa tetap terjaga.

3. Awet

Dengan perawatan yang baik dan benar, serta penggunaan secara normal, lantai kayu dapat bertahan hingga 50 tahun lamanya. Tidak heran jika kemudian jenis lantai ini mendapatkam titel durable pada salah satu keunggulannya.

4. Bahan Non Alergen

Bahan kayu juga dikenal sebagai bahan yang non alergen. Artinya, bahan ini akan sangat aman untuk digunakan bahkan pada rumah seseorang yang memiliki alergi sekalipun. Bukan itu saja, kayu ternyata juga mampu menyerap berbagai zat penyebab alergi yang berkeliaran secara bebas di ruangan. Sebut saja serbuk bunga, kotoran hewan, dan lainnya dapat tertangkap oleh lantai kayu ini.

Kekurangan

1. Persiapan Pemasangan

Lantai kayu haruslah dipasang pada medan yang benar benar rata. Jadi, jika ada permukaan lantai yang belum rata, biasanya pihak pemilik akan meratakannya terlebih dahulu. Dengan menyemen ulang misalnya. Atau bisa juga mengganjalnya menggunakan karpet dan juga busa. Untuk alasan ini, Anda disarankan menambah anggaran pemasangan lantai parket sebagai bentuk dari antisipasi.

2. Menimbulkan Bunyi

Kekurangan lain yang dimiliki oleh lantai parket ialah bunyi yang ditimbulkannya. Sekecil apapun gaya yang diberikan pada lantai saat Kita berjalan melewatinya, akan selalu ada bunyi yang mengikutinya.

3. Licin

Beberapa jenis lantai parket memiliki permukaan yang cukup licin, laminate dan solid contohnya. Apalagi jika lantai tersebut secara tidak sengaja terciprat atau terkena air. Maka akan sangat berbahaya jika dipijak tanpa kehati hatian. Untuk alasan tersebut, penggunaan lantai kayu di rumah tinggal anak anak ataupun manula kurang dianjurkan.

4. Potensi Kerusakan

Salah satu potensi kerusakan yang paling sering dialami oleh lantai kayu ialah goresan. Entah itu karena adanya pergeseran interior, penggunaan yang tidak hati hati, ataupun kejatuhan benda tajam. Perlu dicatat bahwasanya lantai parket yang sudah terkena goresan atau rusak tidak dapat diperbaiki kembali. Jikapun Anda ingin menggantinya dengan yang baru, itu akan menguras kocek, waktu, dan tenaga Anda. Pasalnya Anda juga harus membongkar semua bagian dari lantai dan menatanya kembali nanti.

Itulah beberapa kelebihan dan juga kelemahan yang dimiliki oleh lantai parket. Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk menggunakannya di rumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *