Apa Sih Kegunaan Paving Block? Simak Jawabannya di Sini!

Manfaat dan Fungsi Paving Block

Paving block disebut juga sebagai conblock. Benda ini merupakan bahan material yang banyak dimanfaatkan di Indonesia. Paving block ini juga sering disebut sebagai bata beton. Bata beton terbuat dari campuran material seperti semen, air, dan bahan lain yang berfungsi mendukung kekuatan dari bata beton tersebut.

Bata beton yang beredar di pasaran memiliki banyak tipe. Berdasarkan kekuatannya, ada empat tipe bata beton sesuai dengan standar SNI. Sementara itu berdasarkan bentuknya, ada banyak sekali tipe bata beton mulai dari persegi panjang, segi enam, trihex, dan lain sebagainya. Kemudian dari segi warna, ada beberapa pilihan yang tersedia seperti bata beton warna merah, hijau, kuning, dan lain sebagainya.

Dalam dunia konstruksi, ada banyak sekali jenis material yang bisa digunakan. Tentu saja setiap jenis material digunakan sesuai dengan fungsi tertentu. Begitu juga dengan conblock ini yang memiliki fungsi tertentu. Kita mungkin sering melihat penggunaan conblock namun kurang tahu sebenarnya apa itu fungsi dari conblock atau paving stone ini?

 

Kegunaan Conblock

Sebelum membahas kegunaan dari conblock, sebelumnya kita bisa mengingat-ingat di mana biasanya conblock digunakan. Biasanya kita melihat conblock di tempat umum seperti taman, jalan, trotoar, dan lain sebagainya. Ada juga jenis conblock tertentu yang digunakan untuk membangun salah satu struktur bangunan.

Berikut adalah kegunaan paving block atau conblock yang perlu Anda ketahui:

 1. Menutupi Permukaan Tanah

Kegunaan utama dari conblock adalah menutupi permukaan tanah. Bata beton ini memang dipasang atau disusun secara teratur di atas permukaan tanah. Sebelum disusun, permukaan tanah harus diratakan dan dibersihkan baru kemudian bata beton disusun satu per satu secara rapi.

 

2. Memberikan Nilai Indah

Bata beton bisa memberikan nilai keindahan tersendiri. Seperti kita tahu bahwa ada banyak pilihan bentuk dan warna bata beton yang tersedia. Penggunaan bata beton dengan bentuk dan warna bervariasi bisa memberikan nilai keindahan. Tak heran jika bata beton sering digunakan di lingkungan taman agar membuat lingkungan semakin indah dan berwarna.

 

3. Membuat Lingkungan Lebih Bersih

Selain membuat lingkungan tampak indah, pemasangan paving juga membuat lingkungan menjadi tampak lebih bersih. Karena tanah sudah ditutup dengan balok paving maka tidak akan ada pemandangan tanah yang kotor dan penuh sampah. Jadi jika ingin membuat lingkungan Anda lebih bersih silakan lakukan pemasangan paving block.

 

4. Menyediakan Penyerapan Air yang Baik

Paving atau conblock bisa menyediakan fasilitas penyerapan air yang sangat baik. Jadi, walaupun paving menutup permukaan tanah namun air tetap bisa menyerap dengan baik. Air tetap bisa masuk meresap ke dalam tanah dan memberikan cadangan air yang cukup bagi kebutuhan manusia.

 

5. Penanda Suatu Area

Pemasangan paving juga bisa dilakukan dengan tujuan untuk menandani suatu area. Jadi, pada area umum yang luas bisa dilakukan pemasangan paving dengan warna yang berbeda-beda sebagai penanda khusus.

 

6. Membantu Kaum Disabilitas

Paving ternyata bisa membantu kaum disabilitas khususnya penyandang tunanetra untuk beraktivitas di tempat umum. Jadi, di trotoar jalan saat ini banyak dilakukan pemasangan paving bertekstur dengan tujuan membantu penyandang tunanetra agar bisa berjalan di jalur yang tepat dan aman.

 

Itulah tadi sedikit informasi seputar kegunaan dari paving block. Bagi Anda yang merasa membutuhkan paving, jangan lupa lakukan pemilihan paving yang tepat. Pilih paving dengan kekuatan yang sesuai, serta warna dan bentuk yang memenuhi kebutuhan Anda. Selain itu, persiapan lahan juga harus dilakukan dengan baik agar paving bisa dipasang dengan rapi di atas permukaan tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *