Ini Dia Berbagai Pemakaian Kayu di Era Modern

Kayu bukanlah barang asing lagi karena kayu sering kita temui di lingkungan sekitar. Kayu merupakan bagian batang atau cabang atau ranting sebuah tumbuhan yang mengeras akibat adanya proses lignifikasi atau proses pengayuan alami. Kayu terbentuk dari akumulasi selulosa dan lignin pada sel-sel tumbuhan. Kayu memiliki beberapa sifat fisiki seperti mudah terbakar, dapat dimakan rayap, dapat mengambang dan mengembang.

Berbagai Pemanfaat Kayu Dalam Kehidupan Saat Ini

Kayu selain merupakan bagian dari tumbuhan juga memiliki kegunaan lain, khususnya untuk kehidupan manusia. Pemakaian kayu di antaranya meliputi:

  1. Kayu untuk konstruksi bangunan

Kayu yang difungsikan untuk konstruksi bangunan adalah kayu yang memiliki kekerasan, kekuatan dan keawetan yang baik. Selain itu ukuran kayu untuk konstruksi bangunan juga harus kayu yang cukup besar. Kayu yang biasanya digunakan untuk konstruksi bangunan adalah kayu jati, bangkirai, balau, cengal, giam, kapur, lara, keruing, dan lain-lain.

  1. Kayu untuk lantai

Kayu yang difungsikan untuk lantai adalah kayu yang harus memiliki kekerasan yang tinggi, tahan asam, memiliki daya abrasi yang juga tinggi, serta mudah dipaku. Kayu yang cocok untuk dijadikan kayu lantai adalah kayu bangkirai, bitangur, bongin, jati, bungur, belangeran, dan lain-lain. Dewasa ini sebagian besar masyarakat sudah sadar akan terancamnya keberadaan kayu sehingga untuk lantai masyarakat mulai beralih ke vinyl lantai yang memiliki motif sama seperti kayu bahkan memiliki ketahanan yang lebih dari kayu.

  1. Kayu untuk alat musik

Gitar, biola, piano, simbal, seruling, dan karinding adalah beberapa contoh alat musik yang menggunakan kayu. Kayu yang digunakan untuk alat musik adalah kayu yang memiliki serat lurus, tekstur halus, tidak mudah terbelah dan yang paling terpenting adalah memiliki resonansi yang baik. Kayu yang umumnya digunakan untuk alat musik adalah kayu jati, eboni, bambu, lasi, merawan dan lain-lain.

  1. Kayu untuk kapal

Indonesia sebagai negara yang kaya akan pulau memiliki banyak nelayan yang menggunakan kayu sebagai material dasar pembuatan kapal. Kayu yang digunakan untuk kapal haruslah kayu yang tidak mudah rusak dan tahan dengan kondisi laut. Kayu yang digunakan biasanya adalah kayu ulir dan kayu kapur.

  1. Kayu untuk furniture

Kursi, meja, lemari, merupakan beberapa contoh furnitur yang sering dibuat dari bahan dasar kayu. Kayu yang digunakan untuk furnitur adalah kayu dimensi stabil, berat sedang, mudah dikerjakan serta memiliki nilai dekoratif yang baik. Kayu yang biasa digunakan untuk furnitur adalah jati, eboni, mahoni, kuku, sonokeling, ramin, sonokembang dan lain-lain. Sama halnya seperti vinyl lantai, kini banyak pula produsen yang mulai mengganti material furnitur kayu menjadi plastik, besi, aluminium dan lain-lain.

  1. Kayu untuk bantalan kereta api

Kayu ini harus memiliki kekerasan dan kekuatan yang tinggi seperti kayu bangkirai, bitangur, ulin dan lain-lain.

Dewasa ini semua sektor yang melibatkan kayu dalam pembuatannya mulai mengurangi kayu karena sadar akan kelangkaan hutan dan menyempitnya lahan untuk menanam pohon. Alternatif kayu saat ini banyak ditemukan seperti jasa jual vinyl lantai yang sudah mulai banyak di pasaran, begitu pula dengan jasa furnitur dan material konstruksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *