Ingin Pasang Pintu Lipat? Agar Tak Menyesal Kenali Plus-Minus-nya Berikut Ini!

Pernah buka pintu dan bingung bangaimana cara membukanya? Sekarang banyak inovasi desain pintu berbeda dari cara buka pintu konvensional. Baik pintu yang didorong, lipat atau geser, ragam tersebut jadi pilihan bagi penghuni rumah untuk memberikan sentuhan unik pada rumahnya. Bahkan penggunaan bahan bangunan yang tidak biasa seperti pintu lipat besi, pintu kaca geser atau pintu putar fiberglass jadi paduan untuk antara material unik dengan cara buka pintu yang tidak biasa.

Baik Buruknya Pintu Lipat, Ketahui Sebelum Beli

Keterbatasan ruangan membuat penghuni rumah berinisiatif membuat desain rumah yang multifungsi. Sekat ruangan atau pintu lipat dapat mengganti fungsi tembok, sebagai bagian rumah yang bisa divariasikan pengunaannya. Pintu lipat bisa ditutup kala ruangan perlu dibagi dan bisa dibuka agar ruangan jadi luas untuk kebutuhan tertentu. Sebelum menentukan pilihan untuk beli pintu lipat, ketahui dulu beberapa fakta penting tentang pintu jenis ini karena pemasangan dan pemeliharannya yang beda dengan jenis pintu biasa.

1. Variasi Bahan Dan Motif

Baik pintu lipat untuk gerbang yang terbuat dari besi, pintu lipat kayu dalam rumah atau  pintu lipat aluminium yang ditempatkan pada bagian belakang rumah. Ada ragam pilihan bentuk besi atau motif yang bisa diaplikasikan pada materialnya. Bahkan tidak jarang pintu lipat dibuat berdasarkan kombinasi antara kayu dan besi atau kayu dan kaca. Kebebasan untuk berkreasi ini yang jadi keunggulan pintu jenis ini yang menarik penghuni rumah untuk mengaplikasikannya.

2. Dapat Terbuka Lebar

Dibandingkan dengan pintu geser kaca, pintu lipat kaca bisa dilipat sampai habis. Sedangkan pintu yang digeser hanya bisa membuka sampai batas pintu jadi bukaan yang dihasilkan tidak akan bisa seluas pintu lipat. Bila anda punya rumah mungil dan ingin pintu bisa dibuka sampai mentok pada tembik, maka pintu lipat adalah solusi terbaiknya.

3. Perawatan 

Untuk buka pintu dengan lancar maka perhatikan bagian bawahnya. Karena ada rel atau engsel yang digerakan untuk dapat buka-tutup pintu dengan lancar. Bagian tersebut perlu diperiksa secara berkala atau dilumuri minyak agar tidak macet. Bila tidak telaten pintu akan macet dan tidak bisa dibuka sama sekali. Seringkali, pintu macet terlebih dahulu baru dicarikan solusinya, jangan biarkan hal ini terjadi. Hal ini bisa jadi kekurangan pintu dipat dibandingkan jenis pintu lainnya yang perlu difikirkan, terutama bila anda bukan orang yang cukup telaten.

4. Harga Pintu

Setiap jenis pintu sebenarnya memiliki kisaran harga yang sama. Material, bentuk, luas pintu mempengaruhi murah atau mahalnya harga pintu. Perlebih lagi ditambah biaya pemasangannya yang lebih rumit. Karena pintu jenis lipat bisa dibuat sampai panjang sekitar 6 atau 7 panel maka pastinya harganya akan lebih mahal dibandingkan pntu lipat yang hanya sampai 3 atau 4 lipatan. Harganya. menjadi variatif tergantung seberapa rumit permintaan

5. Cara Buka Pintu

Bila membuka pintu yang cukup didorong atau geser hanya perlu satu gerakan mudah. Pintu lipat sedikit lebih rumit. Bila pintu lipat dibuka, harus diketahui dahulu lipatan akan berarti lipat kedalam atau keluar. Selain itu, area dekat pintu tidak bisa diisi dengan perabotan atau penghalang karena ketika dilipat ada area yang akan dikorbankan. Kesesuaian antara daun pintu, engsel dan kekuatan untuk melipat juga menjadikan cara buka pintu ini lebih menantang dari pada jenis pintu lain yang dibuka dengan cukup gerakan mudah saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *