Hujan Asam Bahaya Untuk Batu Granit

Hujan adalah salah satu fenomena alam yang sering ditemui baik itu hujan dalam bentuk air atau hujan salju. Tapi apakah Anda pernah mendengar hujan asam? Mendengarnya saja pasti sudah terbayang bahwa salah satu jenis hujan ini berbahaya. Hujan asam sebagian besar muncul karena kesalahan manusia.

Bentuk dari hujan asam sendiri mirip seperti air hujan, namun kandungan didalamnya berbeda. Jika hujan air biasa tingkat keasamannya cukup normal yaitu PH 6. Sedangkan hujan asam membawa PH kurang dari 5,7 artinya mirip dengan cuka dapur. Jadi bagaimana rasanya ketika kulit terkena cuka dapur? Pasti sangat gatal.

Bayangkan saja jika terjadi hujan yang kandungannya sama seperti cuka. Berbagai macam efek kesehatan pada manusia akan langsung dirasakan. Hujan asam juga membawa partikel halus berbentuk gas seperti nitrogen oksida (NOx). Tentunya gas tersebut jika dihirup oleh manusia akan merusak paru-paru.

Tidak hanya manusia saja, hujan asam akan mempengaruhi berbagai benda lain khususnya batu granit. Bagi Anda yang memiliki hunian menggunakan batu granit sebaiknya waspada ketika hujan asam turun.

Masalah yang Ditimbulkan Hujan Asam pada Batu Granit

Tidak sedikit rumah yang menggunakan batu granit sebagai lantai. Pasalnya batu ini memiliki banyak kemampuan dari pada lantai dengan keramik. Granit lebih kuat karena teksturnya, tampilannya juga mengkilap sehingga mudah dibersihkan.

Lantai teras atau balkon rumah yang menggunakan batu granit tahan goresan dan harganya sangatlah mahal. Namun sekuat apapun batu ini, jika terkena hujan asam akan mengalami berbagai macam kerusakan. Sebelum hujan asam merusakĀ  batu granit sebaiknya Anda menggunakan jasa floor hardener sika.

Fungsi lapisan sika adalah memperkuat lapisan batu granit, jika diibaratkan furniture kayu maka sika adalah catnya. Hanya saja pelapis ini lebih kuat, bahkan jika hujan asam menyerang. Jika lantai batu granit tidak segera diatasi dengan lapisan sika maka akan muncul beberapa masalah berikut:

Warna mulai pudar

Warna batu granit sangatlah menarik, sayangnya hujan asam akan mengubah warna indah ini. Jika batu dulunya berwarna hitam maka akan memudah menjadi putih. Padahal perubahan warna ini tidak bisa lagi diperbaiki karena hujan asam telah merusak permukaan batu granit.

Menghilangkan tingkat kilap

Tidak hanya warna saja yang pudar, namun tingkat kilap dari batu granit juga hilang. Batu yang terkenal dengan mengkilapnya sehingga mudah dibersihkan kini tampak pucat. Walaupun Anda menerangi permukaan dengan cahaya tidak akan ada lagi pantulan yang diberikan.

Permukaan batu sedikit demi sedikit terkikis

Ketika hujan asam mengenai lantai granit tidak ada lagi cara untuk memperbaikinya. Permukaan kayu ke hilangkan kilap karena sudah terkikis perlahan. Artinya permukaan lantai tidak lagi akan rata. Saat hujan biasa datang, lantai bisa menimbulkan genangan air.

Anda tidak bisa memperbaikinya hanya dengan memoles pada permukaan yang sudah terkikis. Jadi sebelum hujan asam tiba segera lapisi lantai batu granit dengan sika. Jika Anda tidak ingin lantai terkikis, maka hubungi jasa floor hardener sika terdekat.

Proses melapisi lantai granit dengan sika tidaklah berlangsung lama. Anda hanya perlu menunggu selama 1X24 jam hingga akhirnya lantai dapat digunakan kembali. Tidak hanya batu granit saja, jika Anda memiliki lantai yang sering tergenang air penting juga untuk melapisinya dengan sika atau floor hardener.

Misalnya saja seperti kolam renang atau kamar mandi, jasa floor hardener Jakarta akan mengatasi permasalah lantai yang membutuhkan lapisan kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *