5 Fungsi Dan Manfaat Grass Block

Tidak jarang kita temukan berbagai jenis paving block dipasang pada area lapang. Sebut saja lapangan upacara sekolah, taman kota, halaman rumah sakit, perkantoran bahkan pusat perbelanjaan. Salah satu jenis yang paling populer adalah konblok berbentuk heksagon. Konblok terbuat dari campuran agrerat dan semen yang berfungsi untuk memperkuat permukaan lantai agar lebih kuat dan stabil. Terutama pada saat musim hujan datang. Namun konblok memiliki sejumlah kekurangan yang membuatnya memiliki masa pakai relatif lebih singkat. Salah satunya adalah ketiadaan rongga pada konblok yang mengakibatkan tanah tidak dapat ‘bernapas’ serta air tidak memiliki space untuk terserap. Lama-kelamaan struktur konlok akan lebih mudah hancur. Kini hadir jenis lain dari paving block yang mampu mengganti kekurangan tersebut yaitu dengan jenis grass block yang lebih ramah terhadap aktivitas tumbuhan hijau.

Fungsi Dan Manfaat Grass Block

Fungsi Dan Manfaat Grass Block

Hadir dengan berbagai kualitas material serta desain yang apik, harga grass block tidak akan membuat kantong Anda kering. Terlebih lagi jika Anda mengetahui lima fungsi dan manfaat paving block yang satu ini. Dijamin selain nyaman dan rapi, Anda akan disambut pemandangan segar setiap kali melihatnya.

1. Membuat Tampilan Halaman Menjadi Apik

Grass block hadir dalam berbagai bentuk dan pola. Dengan penataan yang rapi Anda bisa mendapatkan halaman yang apik dan sedap dipandang mata. Selain sebagai penyusun halaman, teras dan area parkir, Anda juga dapat memfungsikan paving blck yang satu ini sebagai unsur dekorasi outdoor seperti jalur jejak langkah. Seru, bukan?

2. Memungkinkan Area Penyerapan Air

Karena terbuat dari campuran semen dan bahan lainnya, paving block tidak memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap air. Yang ada malah merusak struktur paving block itu sendiri. Sementara permukaan tanah tertutup nyaris secara keseluruhan untuk pemasangan konblok. Namun berbeda ketika Anda menggunakan grass block yang sengaja didesain untuk memberikan ruang bagi penyerapan air. Sehingga tidak ada genangan air yang dapat merusak struktur paving block maupun memungkinkan hidupnya bibit-bibit nyamuk.

3. Ramah Lingkungan

Salah satu bukti bahwa grass block memiliki sifat ramah lingkungan adalah tumbuhan hijau yang dapat hidup pada rongga grass block. Hal ini pulalah yang memberikan kesan segar dan apik pada halaman sebab hijaunya tumbuhan muncul seperti pola-pola yang bersususun manis. Munculnya tumbuhan hijau seperti rumput inilah yang memberikan efek seolah area menjadi lebih lapang dan luas. Tidak heran bukan kalau sejumlah perumahan ternama menggunakan grass block pada alun-alun taman mereka?

4. Awet Dan Tahan Lama

Indonesia sering kali mengalai perubahan cuaca ekstrem. Hal ini tentu membuat banyak hal menjadi dirugikan. Salah satunya adalah masa pakai konblok. Pada saat suhu sedang naik, konblok akan mengalami pemuaian yang akan berakhir membuat susunan konblok menjadi retak dan rusak. Namun dengan rongga yang dimiliki grass block tentunya ketahanan masa pakai relatif lebih panjang sebab paving block memikliki ruang lebih untuk pemuaian.

5. Memperkuat Akses Keluar-Masuk Kendaraan

Saat musim penghujan datang, permukaan tanah yang terekspos tanpa perlindungan paving block mengalami kemungkinan terjadi kejenuhan air. Sehingga permukaan menjadi lembab dan becek. Sementara untuk lapangan yang disediakan rumput akan memberikan efek licin saat bergesekan dengan alas kaki atau roda kendaraan. Hal ini akan mengancam keselamatan para pejalan kaki dan kendaraan. Jika Anda mengaplikasikan grass block terdapat dua keuntungan yang dapat Anda raih yaitu penyerapan air berjalan tanpa hambatan serta penyerapan air dari permukaan paving block sehingga tidak menyisakan area yang licin.

Bagaimana? Sudahkah Anda tertarik menggunakan grass block?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *