Berbagai Penggunaan GRC Board Pada Eksternal Bangunan

Hadirnya bahan GRC sebagai bagian bahan bangunan, membuat variasi bahan bangunan kian beragam. GRC board atau papan GRC khususnya biasanya digunakan sebagai partisi ruangan satu dan lainnya atau sebagai dinding GRC. Selain itu, GRC board juga kerap digunakan sebagai plafon.

Kelebihan GRC Board

Salah satu alasan semakin banyaknya penggunaan bahan GRC sebagai bahan bangunan, karena GRC board memiliki banyak sekali kelebihan, yakni :

  • Tahan terhadap air dan kelembaban : GRC board dapat tetap bertahan meskipun terkena air, dan bisa segera kembali seperti sediakala saat sudah kering.
  • Kuat dan Tahan benturan : GRC board merupakan bahan yang memiliki tampilan keras dan kokoh.
  • Kedap suara : Sangat sesuai diaplikasikan di dalam ruangan sehingga dapat menambah kenyamanan penghuninya.
  • Harga ekonomis : Harga GRC tergolong ekonomis dibandingkan dengan bahan bangunan yang lainnya. Selain itu kemudahan pemasangannya membuat GRC lebih efisien dalam waktu dan tenaga kerja.
  • Tahan jamur : Jamur tidak akan merusak GRC dan juga mudah dibersihkan pada permukaan GRC.
  • Anti rayap. : Karena terbuat dari bahan dasar semen, tidak mudah bagi rayap merusaknya. Selain itu rayap tidak dapat berkembang biak pada GRC karenatidak mengandung agregat.
  • Tahan api : GRC board merupakan bahan yang tahan api, sehingga tidak mudah rusak karena api. Hal ini dikarenakan sifat GRC biard yang tidak merambatkan api, tidak menimbulkan api, juga tahan panas sehingga tidak meningkatkan suhu di sekitar ruang yang terbakar.
  • Permukaan halus : Hal ini membuat GRC bioard tidak perlu diplamir terlebih dahulu sebelum dicat dan membuat proses pengecatan lebih mudah.
  • Mudah dipotong : Berbeda dengan baja yang memerlukan peralatan keras khusus dalam memotongnya, GRC board mudah dipotong dengan menggunakan cutter atau gergaji untuk ketebalan 4 hingga 6 mm. Sementara yang lebih tebal, dapat menggunakan mesin potong keramik.

GRC Board Untuk Eksternal

GRC Board Untuk Eksternal

Meskipun GRC board lebih banyak digunakan digunakan sebagai bahan bangunan internal. Namun bukan berarti bahan GRC board anti untuk digunakan di luar ruangan. Faktanya, GRC board juga mampu memperindah bagian luar rumah atau bangunan. Berikut ini adalah penggunaan GRC board untuk eksternal ruangan.

1. Sebagai Plafon

Tentu saja bukan hanya bagian dalam rumah yang memerlukan plafon. Plafon GRC juga bisa digunakan untuk atap teras atau balkon Anda.

2. Sebagai Partisi

Mengaplikasikan dinding GRC untuk partisi pada bagian luar ruangan dapat bermanfaat.Hal ini untuk mendapatkan privacy di teras atau bakon Anda, sehingga tidak terlalu terkespos ke lingkungan luar. Terutama jika Anda memiliki halaman terbuka dengan pagar yang pendek. Apalagi, GRC board juga dapat didekorasi hingga menjadi partisi ukiran yang indah.

3. Untuk Cover Column

Produk GRC superpanel dengan ketebalan 9 mm, 12 mm atau 15 mm dapat digunakan sebagai kolom di luar ruangan. Tentu saja berbagai kelebihan bahan GRC akan membuat kolom bangunan selain tampak cantik juga lebih tahan lama.

4. Sebagai Listplank

Biasanya listplank terbuat dari kayu. Namun dengan kehadiran bahan GRC, GRC board juga dapat diigunakan sebagai listplank. Khususnya menggunakan GRC Superplank dengan ketebalan 9 mm .

5. Bahan Alternatif Cladding

GRC SuperPanel dengan ketebalan 9 mm dapat digunakan sebagain sebagai bahan alternatif melapisi bagian-bagian di luar bangunan, terutama untuk meredam panas.

6. Dinding tirai

Dinding GRC board dengan ketebalan 6 mm atau 8 mm dapat digunakan sebagai lapisan dalam curtain wall (dinding tirai) kaca pada pada gedung bertingkat yang memiliki eksterior kaca.

7. Lantai

Tentu saja GRC board juga dapat diaplikasikan untuk lantai teras Anda. Khususnya dengan menggunakan GRC superpanel dengan ketebalan 15 mm.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *